membuat kalimat terbalik dan menghitung Vokal kalimatnya

kembali lagi mempelajari tentang turbo pascal, pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang membalikkan kalimat, dan menghitung huruf Vokal. Pada artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara menggabungkan dua perintah program tersebut membalikkan kalimat dan menghitung huruf vokalnya dalam satu perintah program. langsung saja berikut coding programnya.disini saya menggunakan perintah char, string dan integer.


program idyn1D;

Uses Crt;

Const

Vokal = ['A','I','U','E','O','a','i','u','e','o'];

Var

Huruf : char;

Pesan : string;

i,CcHuruf,CcVokal : integer;

Begin

clrscr;

Write('Ketikkan Kalimat : ');

Readln(Pesan);

writeln;

CcHuruf := Ord(Pesan[0]);

CcVokal := 0;

For i := 1 to CcHuruf Do

Begin

Huruf := Pesan[i];

If Huruf in Vokal then

CcVokal := CcVokal + 1;

End;

Write('Bentuk kalimat yang di balik : ');

For i := CcHuruf downto 1 do

write(Pesan[i]);

writeln;

writeln;

Writeln('TOTAL HURUF VOKAL : ' ,CcVokal,' BUAH');

writeln;

Readln

End.


dan bentuk outputnya akan menjadi sepertin ini :
membuat kalimat terbalik dan menghitung Vokal kalimatnya

saya tidak pintar tapi saya jenius ^_^ . mungkin sekian dari artikel tentang membuat kalimat terbalik dan menghitung Vokal kalimatnya semoga dapat bermanfaat apa yang saya bagikan.

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon