Program Menghitung Bilangan Pangkat di Pascal

Program Menghitung Bilangan Pangkat di Pascal - hello sobat, posting kali ini saya akan membagikan tentang bahasa program pascal, cara Menghitung Bilangan Pangkat di Pascal atau menggunakan program pascal.

pada program yang akan saya buat menggunakan Deklarasi tipe FUNGSI sedikit bahasan tentang bentuk umum dari fungsi sebelum kita mengetahui tentang penerapan pada struktur fungsi program menghitung bilangan pangkat pada pascal :


bentuk umum dari fungsi :
          function identifier (daftar parameter) : type;
          begin
          statement
          end;

keterangan :
function                : Deklarasi suatu fungsi
Identifier               : Nama Fungsi
Daftar Parameter  : Parameter yang akan digunakan dalam fungsi
Type                    : Tipe data dari nilai fungsi yang dihasilkan

berikut saya akan terapkan bentuk umum Fungsi di atas pada program menghitung bilangan pangkat :
program mpangkat;
uses crt;
var a,np:integer;
function pangkat(x:integer):real;
var hasil:real;
begin
hasil:=exp(x*ln(a));
pangkat:=hasil;
end;
begin
clrscr;
writeln('=====menghitung bilangan pangkat=====');
writeln('=====================================');
write('Masukkan Angka : ');readln(a);
write('Masukkan Nilai pangkat ? ');readln(np);
write('Maka hasil dari ',a,'^',np,' adalah ',pangkat(np):2:0);
readln;
end.

OUTPUTNYA SEPERTI BERIKUT :

1. contoh saya mencari 5^6 (5 pangkat 6) ?

Masukkan Angka : 5 (di input dari keyboard)
Masukkan Nilai pangkat : 6 (di input dari keyboard)
Maka hail dari 5^6  adalah :  15625
Program Menghitung Bilangan Pangkat di Pascal

KETERANGAN PROGRAM : 
dari program diatas saya akan menjelaskan struktur deklarasinya dan statementnya, :
  • fungsi pangkat mempunyai tipe data REAL,
  • exp :  digunakan untuk menghitung nilai pangkat ke n .
  • variabel a:integer adalah variabel yang di gunakan untuk memasukkan angka utama.
  • variabel np:integer adalah variabel yang di gunakan untuk memasukkan nilai pangkat pada angka utama.
  • terakhir FUNGSI PANGKAT akan dipanggil dengan menghitung variabel a dan np yang mana fungsi pangkat telah di deklarasikan pada FUNGSI dengan sebuah rumus.
mungkin sekian dari posting saya kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari tugas ini :D terutama buat teman - teman kuliah saya, thanks.

jangan lupa baca artikel saya yang lainnya, dan jika ada pertanyaan boleh komen dibawah posting artikel ini yang telah saya sediakan. dan jika ingin berbagi artikel ini kepada teman sosial anda klik salah satu sosmed share yang berada tepat di bawah tulisan ini :

4 komentar

Kak.. Mau tanya, kenapa pangkat (np) itu :2:0 ka?? Saya coba tanpa :2:0 hasilnya berkoma nol, fungsinya untuk apa ka? Maaf saya masih awam.. Terimakasih

aidiCtive sebagai pembulatan saja

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon