Graph Unit Pascal : membuat Jaring Kotak dengan Perulangan

Graph Unit Pascal : membuat Jaring Kotak dengan Perulangan - perulangan pada pascal identik dengan kondisi statement yang di ulang nilai variabelnya, sehingga nilai tersebut bisa bertambah banyak bisa menuju banyak min atau max, dan pada pembahasan artikel kali ini, saya akan membagikan koding perulangan yang di gunakan untuk membuat gambar jaring di Graph pascal.

disini kita dapat memanfaatkan garis dari procedure line di Graph unit, perulangan yang terjadi pada line akan bisa membentuk jaring sesuai koordinat x dan y yang kita tentukan sesuai resolusi layar anda, berikut koding dan outputnya.

program garis;
uses crt,graph;
var driver,mode,i:integer;
begin
   driver:=detect;
   initgraph(driver,mode,'');
   i:=40;
   repeat;
     line(i,0,i,getmaxy);
     line(0,i,getmaxx,i);
     i:=i+40;
   until  i>getmaxx;
   readln;
end.
berikut tammpilan output dari program diatas.
Graph Unit Pascal : membuat Jaring Kotak dengan Perulangan

contoh lain bisa juga menggunakan perulangan For To do , sesuaikan saja nilainya. dan logika programnyapun sama, berikut contoh kodingnya.
program garis;
uses crt,graph;
var driver,mode:integer;
    i:byte;
begin
driver:=detect;
initgraph(driver,mode,'');
for i:=0 to 32 do
begin
 line(40+i*40,0,40+i*40,getmaxy);
 line(0,40+i*40,getmaxx,40+i*40);
 end;
readln;
end.

itulah 2 contoh perintah perulangan yang bisa anda coba, anda bisa juga mencobanya menggunakan While do, intinya disini program hanya melakukan perintah perulangan nilai yang telah di deklarasikan di variabel dan variabel tersebut ada di dalam parameter procedure.

#keterangan.
- untuk yang menggunakan perulangan Repeat Until, i di constantakan 40, karena saya ingin memberikan nilai koordinat awal x dan y di titik 40, sehingga garis dapat membentuk Gambar geometri kotak, selanjutnya untuk procedure line pertama, variabel i tersebut di letakkan pada koordinat x awal dan x akhir agar dapat melakukan looping garis vertikal ke bawah dengan di tambah koordinat y awal 0 dan y akhir max.
- sebaliknya untuk procedure line ke dua, menempatkan variabel i di koordinat y awal dan akhir agar dapat melooping garis horizon ke kanan.

- penjelasan i:=i+40, maksudnya agar dapat memberikan jarak 40 untuk perulangannya, dan perintah penutup until terakhir adalah i akan berhenti nilainya ketika telah terpenuhi hingga sama atau lebih dari nilai koordinat x max.

- untuk penjelasan perulangan FOR to Do, for i awal saya letakkan defauld 0 menuju ke 32, yang berarti akan melakukan perulangan hingga 32 kali dimulai dari 0. variabel i akan di tambahkan dan dikalikan 40 untuk membuat sebuah kotak, dikali 40 agar dapat mempunyai jarak 40 di koordinat x  maupun y.

itulah, sedikit penjelasan tentang koding bahasa pemrograman pascal di atas, kalian dapat mempelajari dan mencobanya sendiri, banyak - banyaklah bereksperimen, koding akan lebih baik jika memori yang digunakan sedikit dan kodingnya sedikit atau tidak banyak koding procedure dari statement.

terimakasih bagi kalian yang selalu belajar di blog saya ini, sihlakan baca - baca dan belajar artikel saya yang lainnya, jika berkenan ilmu ini sihlakan dibagikan jika bermanfaat buat anda dan orang di sekitar anda, thanks. semmoga bermanfaat.

1 komentar so far

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon