turbo pascal fungsi "IF than" : membuat total pembayaran + diskon + bonus

turbo pascal membuat total pembayaran + diskon - hello sobat, berhubung dengan kesibukan kuliah jadi terbengkalai blog ini, dan barulah pada hari ini saya dapat mengupdate artikelnya, tentang bahasa program pascal, membuat perintah total pembayaran + diskon dengan menggunakan peritah "if Than".

saya bahas sedikit, mungkin bahasa pascal ini tidak digunakan lagi pada beberapa universitas maupun tempat kuliah lain, tetapi adakalanya sebagai pedoman dasar kita wajib mengetahui dasar - dasar bahasa pemrograman melalui belajar bahasa pascal.

dengan mengetahui dasar - dasarnya maka bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti delphie, C++, bahasa C, dan lain sebagainnya menjadi lebih mudah untuk di pahami dari segi prosedure, statement maupun input dan output yang akan di hasilkan dari program dan aplikasi apa yang kita buat.

seperti contohnya dalam belajar matematika tentunya untuk mempelajari integral kita wajib mengetahui Dasar Perkalian, penjumlahan maupun pangkat dan akar . dengan begitu dengan mempelajari integral menjadi lebih mudah tanpa harus belajar dan memahami dari awal. dan saya rasa begitu , langsung saja berikut contoh penggunaan fungsi IF Than di dalam pascal ,dengan soal membuat total pembayaran + diskon.

berikut contoh bahasa program pascal dengan fungsi IF than.

program menu;
uses crt;
var
tp,tbayar,diskon:real;
begin
clrscr;
write('masukkan total pembayaran : Rp.');readln(tp);
writeln('-------------------------------------');
if tp >= 300000 then
begin
writeln('mendapatkan bonus = piring cantik');
diskon:=tp*0.15;
writeln('mendapatkan diskon = Rp.' ,diskon:9:2);
end
else
if tp >= 200000 then
begin
writeln('mendapatkan bonus = piring retak');
diskon:=tp*0.1;
writeln('mendapatkan diskon = Rp.' ,diskon:9:2);
end
else
if tp >= 50000 then
begin
writeln('mendapatkan bonus = piring picah');
diskon:=tp*0.05;
writeln('mendapatkan diskon = Rp. ' ,diskon:9:2);
end
else
if tp < 50000 then
writeln('tidak mendapatkan diskon dan bonus');
tbayar:=tp-diskon;
writeln('-------------------------------------');
writeln('total pembayaran = Rp.' ,tbayar:9:2);
readln;
end.

Ket Variabel :

  • TP = total pembayaran  awal
  • Tbayar = total pembayaran akhir
  • diskon = variabel untuk nama diskon
pernyataan program diatas merupakan bagian dari 4 statement fungsi if. dimana fungsi yang pertama memanggil variabel sebagai acuan untuk menghitung dan menerapkan kondisi perintah. bisa anda lihat, fungsi yang pertama memasukkan sebuah total pemabayaran,

contoh algoritmanya seperti ini :

  • statement pertama : total pembayaran akan di masukkan melalui input keyboard jika total pembayaran lebih atau sama dengan Rp.300.000,- maka akan di tampilkan mendapatkan bonus piring cantik. dan akan ditampilkan mendapatkan diskon 10% dari total pembayaran.
  • statement kedua : akan menampilkan total pembayaran jika total pembayaran  lebih atau sama dengan Rp.200.000,- maka akan di tampilkan mendapatkan bonus piring retak. dan akan ditampilkan mendapatkan diskon 5% dari total pembayaran.
  • statement ketiga : akan menampilan total pembayaran jika total pembayaran lebih atau sama dengan Rp. 50.000,- maka akan ditampilkan mendapatkan bonus piring picah. dan akan ditampilkan mendapatkan diskon 5% dari total pembayaran.
  • statement keempat : akan menampilkan total pembayaran jika total pembayaran kurang dari Rp. 50.000,- makan akan ditampilkan tidak mendapatkan diskon dan bonus.
  • pernyataan terakhir : akan di tampilkan total pembayaran dari hasil total pembayaran di kurang diskon. ( dari hasil penentuan 4 statement diatas).
mungkin itulah sedikit contoh dari cara membuat total pembayaran + diskon + bonus menggunakan fungsi IF than , anda dapat mempelajarinya dan bisa ubah juga kata - kata piring cantik atau piring picah dengan sesuatu yang lain ^_^.

bagaimana mudah bukan, dan untuk outputnya, berikut adalah hasil screenshot software turbo pascal yang saya gunakan untuk menjalankan bahasa program di atas.
turbo pascal fungsi "IF than" : membuat total pembayaran + diskon + bonus
keterangan :
  • anda bisa lihat pada gambar diatas dimana saya memasukkan angka dari keyboard dengan angka tiga ratus ribu dan ini masuk pada statement satu IF THEN.maka data akan di teruskan menampilkan perintah bonus dan diskon dan selanjutnya sampai pada perintah akhir yaitu menghitung rumus dengan statement IF THEN yang terseleksi.
menu ini seperti penerapan pada menu di caffe, mungkin jika ingin membuat menu atau perintah program yang lebih spesifik anda harus mempelajari fungsi IF atau Case dengan stetement yang lebih bersarang/berganda dan lebih dalam untuk penerapan statementnya.

pada kasus di caffe atau menu makanan ,banyak beragam makanan ataupun minuman jadi penerapan jika menggunakan IF pastiya lebih banyak statementnya dibanding CASE. seperti contoh kasus menu pada kasir di suppermarket, beragam makanan, minuman maupun barang - barang lain yang di jual dan itu membutuhkan data terperinci, untuk sekedar IF THEN. mungkin next posting akan saya berikan contoh bahasa program pascalnya.

saya rasa sampai disini dulu tentang turbo pascal fungsi "IF than" : membuat total pembayaran + diskon + bonus, semoga dapat anda pelajari fungsi dari bahasa pascal yang  saya terapkan diatas, jangan takut untuk gagal , dimana mencoba adalah salah satu fungsi keberhasilan. thanks

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon