Turbo pascal : Membuat kalimat Terbalik

pada posting kali ini saya akan membagikan tentang coding turbo pascal membalikkan kalimat, berhubung ini juga adalah tugas kuliah saya di jurusan teknik informatika jadi tidak ada salahnya berbagi, tentang kalimat dibalik. jika mangkok dibalik tentu bakal jatuh yaa ^_^ . langsung saja, disini saya memakai fungsi integer dan string , dan sengaja saya tidak menggunakan writeln pada awal variabel agar penulisannya lebih rapi dan lebih membentuk kalimat bukan paragraf.

ini adalah bentuk codenya sihlakan di copy/diketik :


program latihanIdyn;

uses crt;

var

s,t,u,v,w,x,y,z:string;

p,q,i,j,k:integer;

begin

clrscr;

write('masukan kalimat yang akan dibalik : ');readln(s);

p:=length(s);

i:=1;

for q:=p downto 1 do

begin

insert(s[q],t,i);

inc(i);

end;

writeln;

write('bentuk kalimat yang dibalik : ');write(t);

readln(t);

end.


Dan bentuk output codenya akan menjadi seperti berikut :
Turbo pascal : Membuat kalimat Terbalik

saya gagal tapi saya tidak pernah menyerah ^_^ , jangan nyerah membuat coding , semangat teman-teman.

Fungsi kalimat terbalik

pada umumnya suatu kalimat dapat terbalik dengan menggunakan statement string dari perintah abjad pada keyboard dan diproses oleh bahasa program pascal. statement ini juga dipakai oleh ms.exel dan word . pada perintah mereka lebih kepada rumus. sedangkan pada pascal adalah perintah langsung yang diinput oleh keyboard abjad.

saya sendiri kurang mengetahui ,apa fungsi dari program ini ,yang pernah saya tau hanya menyeleksi kalimat dalam beberapa kata dan kemudian kata itu dapat dihitung berapa jumlah kalimat terbanyak. mungkin kegunaan dari ini seperti mengacak kata dan membalikknya seperti nama samaran atau hal yang lainnya.

banyak fungsi dan pernyataan yang dapat dibuat didalam sebuah software pascal maupun bahasa pascal, bahasa perintahnyapun beragam ,meskipun agak sulit dimengerti untuk orang yang awal melihat dan memepelajari bahasa ini. yang jelasa bahasa komputer itu unik dan menarik untuk dipelajari, tidak ada yang tidak mungkin jika anda ingin belajar.

kembali lagi pada fungsi ini .sebuah kalimat pastinya memiliki fungsi tapi untuk yang satu ini saya rasa ini hanyalah statement dari sebuah perintah dengan membalikkan sebarapa panjang kalimat itu dapat dibalik menggunakan perintah pascal ini. ini juga merupakan tugas kuliah dan saya kurang tau pasti apa kegunaan dari fungsi membalikkan kalimat ini . mungkin berguna untuk inisial nama dlln.

saya rasa sekian dari postingan kali ini semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat.

3 komentar

APakah code2 ini juga bisa bekerja jika saya terapkan di Code Blocks? Terima kasih :D

sepertinya tidak bisa . bukannya Code blocks hanya untuk C/C++ dlln. dari sepengetahuan saya.

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon