Belajar Parameter Dalam Procedure pascal

Belajar Parameter Dalam Procedure pascal - posting kali ini melanjutkan posting sebelumnya tentang Pelajari Memanggil Procedure pascal lebih Lanjut, sekarang saya akan membagikan materi tentang Parameter Dalam Procedure pascal, langsung saja disimak berikut ini.

Parameter Procedure.

 pada umumnya parameter yang dikirim dari modul utama (program utama) ke modul procedure disebut dengan "Parameter Nyata (Actual Parameter)" dan parameter yang ada dan di tuliskan pada judul procedure disebut dengan "parameter formal (formal parameter)".

proses pengiriman data dari actual parameter ke formal paameter disebut dengan "parameter passing" baik secara "pass by value atau pass by reference". Parameter secara acua adalah parameter formal dan parameter actual harus bertipe sama.

parameter secara value (pass by value)

dalam deklarasi parameter, jika kata var tidak ditulis,, maka parameter disebut parameter nilai atau value parameter, yang artinya bahwa parameter tersebut hanya mengambil nilai dari parameter actual yang sesuai. nilai parameter aslinya tidak akan berubah meskipun parameter formalnya mengalami perubahan.

Bentuk Umum :
PROCEDURE nama procedure (variabel 1, variabel 2, ... Variabel n : Type data);

Contoh :
  1. Procedure satu (A,B,C,D :Integer);
  2. Procedure satu (A :integer, B,C,D:real); 

    Parameter Secara Acuan (pass By Reference)

    Perubahan yang terjadi pada nilai parameter formal di procedure akan mempengaruhi nilai parameter nyata. dideklarasikan dengan kata var.

    Bentuk Umum :
    PROCEDURE Nama Procedure (Var Variabel 1, Variabel 2, ...Variabel n : Type Data);

    Contoh :
    Procedure Satu (var A,B,C,D : integer);

    CONTOH PROGRAM MENGHITUNG JUMLAH NILAI A+B :
    program penjumlahan;
    uses crt;
    procedure contoh (A,B :integer);
    Var C :integer;
    begin 
           C:=A+B;
           write('Nilai C : ' ,C);
    end;
           var x,y:integer;
            begin
                   clrscr;
                   write('Nilai x = ');readln(x);
                   write('Nilai y = ');readln(y);
             contoh(x,y);
             readln;
    end.

    Keterangan :
    • Disini saya akan menjelaskan kepada teman - teman sekalian bahwa , Procedure menyatakan untuk menghitung nilai 2 variabel A dan B dan menghasilkan nilai C. dimana C telah di tulis "C = nilai a di tambah nilai b" yang  akan di input melalui statement pernyataan x dan y .
    • maka untuk menampilkan A dan B dari procedure, teman - teman harus membuat statement setelahnya procedure, dengan membuat variabel baru contoh di atas adalah variabel X dan Y.
    • variabel X di statement = variabel A di procedure.
    • variabel Y di statement = variabel B di procedure.
    • Bagaimana memanggil procedure C ?, Nahh procedure C tidak perlu lagi dipanggil. karena procedure C adalah Output yang nantinya di hasilkan dari variabel X dan Y dan variabel C juga telah dideklarasikan pada procedure. maka teman-teman hanya perlu mengetik (memanggil procedure) dan di tambah dengan variabel statement yaitu X dan Y. ,. ,. seperti ini "contoh(x,y);"
    • Contoh merupakan Perintah dari nama procedure contoh.
    • dan X , Y adalah variabel dari statement.
    saya rasa cukup jelas yahh tentang procedure ini, dan sangat mudah . hanya perlu mendeklarasikan di awal dan akan di kerjakan di akhir statement, dengan memanggilnya. untuk ouput dari kode diatas akan jadi seperti ini :

    Nilai x = (di input dari keyboard)
    Nilai y = (di input dari keyboard)
    Nilai C = (hasil otomatis dari x+y)

    ada beberapa contoh Program Parameter Procedure dalam pascal yang telah saya buat , teman - teman bisa clik judul dibawah ini / klik saja gambarnya:

    - Berkomentarlah Dengan Bijak.
    - No link, S@ara, P#rn, etc.
    - Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
    EmoticonEmoticon