pengenalan Dasar Bahasa Pemrograman C

pada posting kali ini, saya akan membagikan Materi pengenalan dasar program bahasa program C. ini adalah tingkatan dari bahasa program sebelumnya Yaitu bahasa pascal, meskipun ada persamaannya sedikit namun jika dibandingkan bahasa program C ini lebih singkat, dan bahasa program C dan C++ sama hanya lebih berkembang algoritmanya menjadi lebih singkat.

Fungsi

Program C pada hakekatnya tersusu atas sejumlah blok fungsi. Sebuah program minimal mengandung sebuah fungsi. Setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang secara keseluruhan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas khusus. Secara umum, fungsi mempunyai bentuk sebagai berikut:
Nama-fungsi (daftar parameter)
Deklarasi parameter;
{
Bagian isi fungsi;
}

2. Fungsi main()

Fungsi main() harus ada pada program, sebab fungsi inilah yang menjadi titik awal dan akhir eksekusi program. Tanda { diawali fungsi menyatakan awal tubuh fungsi dan juga sebagai awal program dijalankan, sedangkan tanda } di akhir fungsi merupakan akhir bagian isi fungsi dan sekaligus adalah akhir dari eksekusi program.

3. Fungsi printf()

Fungsi printf() merupakan fungsi yang umum dipakai untuk menampilkan suatu keluaran pada layar. Dalam bentuk umum, format printf() adalah sebagai berikut:
Printf(“Kontrol string”, daftar pernyataan);
String kontrol dapat berupa satu atau sejumlah karakter yang akan ditampilkan ataupun berupa penentu format yang akan mengatur penampilan dari argumen yang terletak pada daftar argumen. Mengenai penentu format diantaranya berupa :
%d untuk menampilkan bilangan bulat (integer)
%f untuk menampilkan bilangan pecahan
%c untuk menampilkan sebuah karakter
%s untuk menampilkan sebuah

4. Praposesor #include

#include merupakan salah satu jenis pengarah praprosesor yang dipakai untuk membaca file yang dinamakan file-judul (header file). File-judul yaitu file yang diantaranya berisi deklarasi fungsi dan definisi konstanta. File ini mempunyai ciri yaitu nama file-nya diakhiri dengan extensi .h, misalnya = stdio.h.

contoh program sederhana : 
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
main() {
printf("Belajar Bahasa C\n");
printf("Program Studi Teknik Informatik S1");
getch();
return(0);
}

akan menampilkan output sebagai berikut : 
Belajar bahasa C
Program Studi Teknik Informatik S1

contoh lainnya :
#include <stdio.h>
#include <conio.h>
main() {
printf("Nama Mahasiswa : %s", "Muhiddin\n");
printf("Jurusan: %s", "T.informatika s.1\n");
printf("NIM: %d\n", 15411051);
printf("Phone: %s\n", "0813000000");
getch();
}

output program C :

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon