menampilkan bilangan faktorial k-N di turbo pascal

Belajar soal matematika pasti sangat erat kaitannya dengan yang namanya 'bilangan' diartikel kali ini saya akan membagikan tugas kuliah saya di mata kuliah praktikum algoritma bahasa pascal, disini saya diberi tugas membuat sebuah program menghitung bilangan faktorial k-N menggunakan bahasa pascal ,ok langsung saja berikut bahasa programnya :

sihlakan anda ketikkan bahasa program berikut ini:
(atau jika kalian ingin langsung mengcopynya code dibawah ini ke dalam turbo pascal ,sihlakan baca cara-caranya mengcopy code pascal klik dibawah ini : ''cara praktis copy paste coding pascal'')


program bilangan;

uses crt;

var

n,i,a:integer;

begin

clrscr;

write('masukkan angka = '); readln (n);

write(n, '!=');

a:=1;

begin

for i:=1 to n do

begin

a:=a*i;

end;

end;

for i:=n downto 2 do

write(i, 'x');

write(1);

if n>1 then

write ('=' ,a);

readln;

end.


dan sihlakan running code diatas dengan cara tahan CTRL+F9 atau klik Run pada turbo pascal.
maka akan muncul hasil coding turbo pascal , masukkan angka 'n' disini saya memasukkan angka '5' jadi akan didapatkan bilangan faktorialnya = 120 .

menampilkan bilangan faktorial k-N di turbo pascal
menampilkan bilangan faktorial k-N di turbo pascal

keterengan :

angka 5 merupakan nilai N yang akan di faktorialkan kedalam suatu perintah program pascal. jika anda lihat faktorial merupakan perkalian nilai turunan ke bawah dari nilai N. contoh kasus diatas ,saya mengetik angka 5 maka turunan 5 adalah 4 , 3 , 2, dan 1 . jika dikalikan akan mendapatkan hasil 120 .

kegunaan program ini

tentunya kegunaan utama suatu program agar mempermudah kita dalam melakukan suatu hal entah itu berhitung maupun menyatakan sesuatu, contoh diatas seperti membuat kalkulator otomatis mencari nilai bilangan faktorial K-N tanpa repot menghitungnya cukup memasukkan nilai N yang dketahui saja, maka dengan otomatis angka hasil perkalian untuk mencari bilangan faktorial akan muncul.

bagaimana apakah anda sudah mendapakatkan hasilnya , saya rasa sangatlah mudah dengan hanya melihat coding di blog saya ini dan menerapkannya di software turbo pascal anda .

teruslah belajar dan mencari tahu arti-arti perintah dari sebuah coding pascal. meskipun diawal agak rumit mengenal bahasanya tapi saya yakin anda dapat belajar secara perlahan hingga bisa, materi ini saya dapat saat kuliah semester awal di jurusan t.informatika USTJ . dan saya juga mencari seperti anda contoh bahasa program pascal dari internet dan hingga mempelajarinya kemudian berbagi.

jika anda sudah mengerti dengan bahasa yang satu ini (PASCAL) saya yakin anda akan menjadi programer hebat , tidak harus mengetahui semua bahasa, dengan yang satu ini saja sudah cukup untuk membuat suatu program, karena berawal dari sinilah anda akan mengerti perintah-perintah bahasa program yang lain.

belajar bahasa program juga tidak harus dengan dosen ataupun dari buku, saya rasa dengan otodidak mempelajari dari internet saja, anda dapat bisa mempelajarinya, cukup tekatkan dalam diri dan terus belajar ,semua tidak ada yang tidak mungkin jika ada kemauan dan pantang menyerah.
mungkin demikian artikel yang saya bagikan kali ini ,thanks semoga bermanfaat.

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon