turbo pascal Membuat karakter awal dan akhir For to Do

sebuah karakter memiliki kegunaan dan fungsi masing-masing, terutama pada karakter di dalam keyboard, bagaimana jika kita ingin menginput/memasukkannya secara otomatis, tentunya kita harus menggunakan sebuah program, disini saya menggunakan bahasa pascal yang dibuat di software Turbo pascal, sebenarnya ini adalah tugas kuliah saya pada praktikum algoritma bahasa program pascal tentang membuat karakter awal dan akhir menggunakan code FOR TO DO.

 

Membuat karakter awal dan akhir For to Do

berikut ini adalah contoh bahasa pascalnya ,sihlakan anda copy ke turbo pascal :


uses crt;

var

naik,turun,karak :char;


begin

clrscr;

write('masukkan karakter awal : ');readln(naik);

write('masukkan karakter akhir : ');readln(turun);

writeln;

write('N A I K : ');

for karak := naik to turun do

write(karak);writeln;

write('T U R U N : ');

for karak := turun downto naik do

write(karak);

readln;

end.


- setelah anda copy code/bahasa pascal diatas ,sihlakan RUN /klik CTRL+F9 .
- maka hasilnya anda akan disuruh menginput sebuah karakter awal dan akhir ,disini contoh saya memasukkan karakter awal = A ,dan Karakter akhir = Z. maka akan didapat urutan karakter dari pembacaan keyboard . dari a - z secara berurutan dan dibawahnya adalah kebalikan dari akhir & awal z - a.

turbo pascal Membuat karakter awal dan akhir For to Do

mudah bukan cara membuatnya, saya pikir dengan melihat code diatas anda dapat menerapkannya, sebenarnya hanya memanfaatkan perintah For to do dalam program ini .
pascal sangat dibutuhkan untuk nantinya proses pembuatan program yang lebih detail maupun dalam membuat flowchartnya, bahasa ini juga tidak sesusah bahasa rumit komputer lain. karena kesederhanaan aplikasinya dan cara penerapan codenya sangatlah mudah.

semoga anda dapat belajar atas apa yang saya berikan diatas. demikian posting yang saya bagikan ,semoga bermanfaat, thanks

- Berkomentarlah Dengan Bijak.
- No link, S@ara, P#rn, etc.
- Jadilah Orang Cerdas agar anda Cerdas .wkwkwkw.
EmoticonEmoticon